Pendahuluan Sistem Imun


Dalam mempelajari Bab tentang Sistem Imun, tentu ada beberapa kompetensi yang harus diketahui sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran, seperti adanya kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.
      
Berikut adalah penjelasannya




1.     Kompetensi Inti
            KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama.
KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4   : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

      2.    Kompetensi Dasar
a.    Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
b.    Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manivestasi pengamalan ajaran agama.
c.    Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program imunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
d.    Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.
  
       3.    Indikator
      Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.    Siswa dapat mengubah perilaku untuk mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan yang berkaitan dengan struktur, fungsi, dan bioproses sistem pertahanan tubuh.
b.    Siswa dapat mengubah sikap untuk peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan masyarakat dengan menerapkan prinsip menjaga kesehatan sistem peredaran tubuh.
c.    Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem pertahanan tubuh.
d.    Siswa dapat menjelaskan fungsi sistem pertahanan tubuh.
e.    Siswa dapat membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
f.    Siswa dapat menjelaskan kelainan/penyakit pada sistem imun tubuh.
g.    Siswa dapat mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit.

       4.    Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem imun tubuh.
b.    Siswa dapat menjelaskan fungsi sistem imun tubuh.
c.    Siswa dapat mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh.
d.    Siswa dapat membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
e.    Siswa dapat mejelaskan kelainan/penyakit pada sistem imun tubuh.
f.    Siswa dapat mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit.

       5.    Ayat Al-Quran
وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ o وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَo
“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” 
(Q.S. Az-Zariyat: 20-21)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Imun Spesifik dan Non Spesifik

Sistem Pertahanan Tubuh Nonspesifik