Pendahuluan Sistem Imun
Dalam mempelajari Bab tentang Sistem Imun, tentu ada beberapa kompetensi yang harus diketahui sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran, seperti adanya kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.
Berikut adalah penjelasannya
1. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
2. Kompetensi
Dasar
a.
Menyadari dan mengagumi
pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
b.
Peka dan peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manivestasi
pengamalan ajaran agama.
c.
Mengaplikasikan pemahaman
tentang prinsip-prinsip sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program imunisasi sehingga dapat
terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
d.
Menyajikan data
jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang
dikendalikannya.
3. Indikator
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.
Siswa dapat mengubah
perilaku untuk mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan yang
berkaitan dengan struktur, fungsi, dan bioproses sistem pertahanan tubuh.
b.
Siswa dapat mengubah sikap
untuk peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan masyarakat dengan
menerapkan prinsip menjaga kesehatan sistem peredaran tubuh.
c.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian sistem pertahanan tubuh.
d.
Siswa dapat menjelaskan
fungsi sistem pertahanan tubuh.
e.
Siswa dapat membedakan
respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
f.
Siswa dapat menjelaskan
kelainan/penyakit pada sistem imun tubuh.
g.
Siswa dapat mendeskripsikan
berbagai upaya untuk pencegahan penyakit.
4. Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat menjelaskan pengertian
sistem imun tubuh.
b.
Siswa dapat menjelaskan
fungsi sistem imun tubuh.
c.
Siswa dapat
mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh.
d.
Siswa dapat membedakan
respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
e.
Siswa dapat mejelaskan
kelainan/penyakit pada sistem imun tubuh.
f.
Siswa dapat
mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit.
5. Ayat
Al-Quran
Komentar
Posting Komentar